Sabtu, 11 Juli 2020

Uang

Salam pendidikan. Pada pertemuan ini, kita akan membahas tentang uang.
Budayakan literasi membaca agar wawasan pengetahuan anak-anak ibu semakin luas.


UANG


Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan uang. Ketika melakukan aktivitas ekonomi, transaksi membutuhkan uang. Namun, tahukah peserta didik apa itu uang? 

Definisi secara umum, uang adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat tukar untuk pembayaran atas pertukaran barang maupun jasa. 

Definisi uang terus menerus mengalami perkembangan. Pada ilmu ekonomi modern, uang adalah benda berwujud yang digunakan sebagai alat pembayaran atas transaksi jual beli barang maupun jasa, penimbun kekayaan, membeli aset berharga sekaligus sebagai alat pembayaran utang yang diterima secara umum di masyarakat. 

Perkembangan uang telah melalui sejarah yang panjang, tahapan perkembangan adalah sebagai berikut:

a. Tahap orang memakai cara barter
Keterbatasan sumber daya alam dan hasil produksi dari hasil buruan maupun bercocok tanam sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari orang yang mau diajak untuk melakukan pertukaran barang yang dimiliki dengan barang lain yang dibutuhkannya. Pertukaran barang ini kemudian disebut dengan sistem barter.

b. Tahap orang menggunakan benda uang sebagai alat tukar
Sistem barter menemui kendala karena kesulitan dalam mendapatkan barang yang memiliki nilai tukar hampir sama atau seimbang. Hal ini memunculkan suatu pemikiran menggunakan benda tertentu sebagai alat tukar yang bersifat umum, benda mudah diterima, bernilai tinggi, dan dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Dari pemikiran tersebut digunakan garam, cangkang binatang yang eksotis serta bernilai tinggi, dan kerang sebagai alat tukarnya.

c. Tahap orang menggunakan uang sebagai alat tukar
    Garam, cangkang binatang yang eksotis serta bernilai tinggi, dan kerang ternyata memiliki kelemahan yaitu daya tahan rendah, mudah rapuh, dan tidak memiliki pecahan sehingga penentuan nilai uang sulit dilakukan. Dari kelemahan yang terjadi, maka muncullah pemikiran menggunakan emas dan perak sebagai alat tukar. Emas dan perak diciptakan dalam bentuk uang logam. Alasannya emas dan perak memiliki sifat mudah dipecah tanpa mengurangi nilainya dan tahan lama.
     Pada tahap ini, setiap orang berhak untuk membuat uang logam dengan melebur, menempa, dan menjual atau menggunakannya sendiri. Uang logam memiliki kelemahan sebagai alat tukar pembyaran jumlah besar. Oleh karena itu, muncullah uang kertas yang mempresentasikan suatu jaminan 100% kepemilikan emas dan perak.


Sumber gambar: https://bobo.grid.id/read/08679194/inilah-8-pahlawan-yang-ada-di-lembaran-uang-rupiah-baru?page=all


Berikut ini kita akan menonton video sejarah uang dari Channel YouTube milik KHT!.
Selamat menyaksikan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Uang dengan media explee